Vaksinasi Guru dan Staf SD Islam Az-Zahrah Palembang

Seluruh Guru dan Staf termasuk Kepala Sekolah SD Islam Az-Zahrah Palembang telah divaksin COVID-19 pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di Puskemas Padang Selasa, Kecamatan Ilir Barat I kota Palembang.  Kepala SD Islam Az-Zahrah Palembang H. Acmad Fahrudin, Lc., menyampaikan Total 92 orang Guru dan Staf serta pengurus dan staf Badan Pelaksana Kegiatan (BPK) Yayasan Az-Zahra HWSJ hadir untuk mendapatkan Vaksin Sinovac dosis pertama ini, “Alhamdulillah kegiatan berjalan baik dan lancar, ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Padang Selasa yang telah memberikan pelayanan terbaiknya, InsyaAllah suntik vaksin kedua akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2021. Saya berharap bahwa dengan suntik vaksin yang dianjurkan oleh pemerintah ini mudah-mudahan menjadikan kita semua terjaga dari COVID-19 serta wabah ini cepat berlalu dan harapan besar tentunya pelaksanaan pembelajaran tatap muka dapat Kembali dilaksanakan sebagaimana biasa”. Vaksinasi ini sesuai jadwal yang diberikan berlangsung setengah hari, dimulai pukul 08.00 WIB dan baru selesai pada pukul 12.00 WIB.

Vaksinasi ini termasuk dari rencana pemerintah kota Palembang untuk memberikan vaksin kepada semua guru Kota Palembang kemudian kota berstatus zona hijau, sehingga pembelajaran tatap muka akan berlangsung pada bulan Juli 2021.

Seperti dikutip dari radarpalembang.com, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengungkapkan , terdapat 17 ribu tenaga pengajar PAUD hingga SMP sederajat, baik negeri maupun swasta, yang terdata yang akan divaksin. Semuanya ditargetkan sudah menjalani vaksinasi pada Mei 2021, sehingga belajar tatap muka sudah dimulai pada tahun ajaran baru nanti.

Kepala Puskemas Padang Selasa drg. Lizanna Farianty yang didampingi Bidang Promosi Kesehatan Siska Gusmala Dewi, Skm., saat ditemui penulis menyampaikan bahwa Puskemas Padang Selasa dengan mengerahkan 51 orang petugas telah melayani pemberian vaksin kepada 1.689 orang belum termasuk hari ini (tgl 27 Maret) pada pukul 11.30 WIB,  120 orang telah divaksin. Kepala Puskemas Padang Selasa drg. Lizanna Farianty juga menyampaikan tujuan vaksninasi ini adalah untuk meningkatkan imun tubuh melalui pemberian antigen untuk membentuk antibodi terhadap COVID-19. Vaksin diberikan dengan 2 kali dosis dalam interval waktu 28 hari dan dalam interval waktu tersebut tubuh diharapkan sudah membentuk antibodi. Namun bukan berarti jika sudah divaksin seseorang tidak dapat terdampak COVID-19, seseorang masih dapat terkena positif COVID-19 namun jika sudah divaksin dampaknya sudah diminimalisir antibodi dibandingkan orang yang tidak divaksin. Saat ini sesuai arahan pemerintah, vaksin baru diprioritaskan untuk tenaga Kesehatan, orang lanjut usia, dan kemudian untuk guru. Masih menunggu informasi untuk pra lansia 18-59 tahun, namun untuk anak-anak belum ada informasi akan dilakukan vaksinasi. Himbauan untuk guru dan staf SD Islam Az-Zahra Palembang agar walaupun sudah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan, menjaga makanan dan pola hidup sehat. Untuk orang tua peserta didik agar menjaga anak agar tetap dirumah menghindari keramaian, menjaga mobilitas dan aktifitas diluar rumah yang kurang perlu. (bpk)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *