SMA Islam Az-Zahrah Palembang Ikut Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) 2021

Palembang – Sebanyak 20 orang siswa/i SMA Islam Az-Zahrah Palembang mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) pada Kamis dan Jumat, 3 dan 4 Juni 2021. Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu dari kegiatan pengembangan prestasi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah Kemendikbudristek. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si., menyampaikan KSN-K merupakan salah satu rangkaian dari 40 kegiatan nasional dan lebih dari 20 kegiatan internasional. Pusat Prestasi Nasional mengadakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik di tingkat kota/kabupaten melalui Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kota/Kabupaten untuk jenjang SMA/MA. Kegiatan ini diselenggarakan daring pada 2-4 Juni 2021. KSN bertujuan untuk mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional dan membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains. Asep Sukmayadi juga mengajak seluruh talent untuk dapat menunjukkan kemampuan, talenta dan tetap berprestasi dalam setiap kondisi.

Total pendaftar KSN-K 2021 sebanyak 151.137 peserta dari 8.639 sekolah. Peserta lomba matematika sebanyak 19.508 peserta, fisika 17.741 peserta, kimia 18.372 peserta, informatika 13.781 peserta, biologi 19.466 peserta, astronomi 12.880 peserta, kebumian 13.890 peserta, ekonomi 17.813 peserta, serta geografi 17.686 peserta. KSN-K adalah kompetisi di bidang sains bagi pelajar jenjang SMA/MA yang merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat nasional. 9 bidang yang akan dilombakan KSN 2021, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Kompetisi digelar serentak di 34 provinsi dan 15 Sekolah Indonesia luar Negeri (SILN), pada pukul 08.00 waktu setempat.

Pelaksanaan KSN-K di SMA Islam Az-Zahrah Palembang di tengah pandemi ini juga dilakukan secara semi daring (semi-online) dengan menggunakan aplikasi UNBK di Laboratorium Komputer SMA Islam Az-Zahrah. Seleksi KSN-K pada hari pertama diikuti oleh 11 orang peserta, dengan rincian bidang sains Biologi sebanyak 3 orang, Fisika sebanyak 3 orang, Kimia sebanyak 2 orang dan Matematika sebanyak 3 orang peserta. Selanjutnya, KSN-K pada hari kedua diikuti oleh 9 orang peserta, dengan rincian bidang lomba sains Astronomi sebanyak 2 orang, Kebumian sebanyak 2 orang, Ekonomi sebanyak 3 orang dan Geografi sebanyak 2 orang peserta. Proses pelaksanaan KSN-K dipantau langsung oleh tim pengawas dari Dinas Pendidikan Provinsi, Bapak Drs. H. Satriawan dan Bapak H.M. Terti Juniawan, S.Pd., M.Pd., serta pengawas silang, guru SMA Negeri 2 Palembang, Ibu Fiernawati, S.Si., M.Si. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi KSN-K yang akan melanjutkan ke tingkat provinsi akan diumumkan pada pekan ketiga bulan Juni 2021.

Pelaksanaan KSN-K di SMA Islam Az-Zahrah menerapkan protokol kesehatan. Semua peserta dan guru menggunakan masker serta menjaga jarak satu sama lain. Peserta diarahkan untuk mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke ruangan tunggu. Sebelum memasuki ruangan ujian, Kepala SMA Islam Az-Zahrah Palembang, Adel Farial, S.Pd., M.Pd., memberikan pengarahan kepada peserta KSN-K agar dapat menjadikan kompetisi ini sebagai wadah atau tempat dalam menyalurkan minat dan bakat peserta di bidang sains. Kepala SMA Islam Az-Zahrah juga menghimbau peserta untuk berdoa sebelum mengerjakan soal, memperhatikan waktu pengerjaan soal agar tidak terburu-buru, tidak merasa ragu dan jangan takut melakukan kesalahan, karena sekolah akan selalu memberikan dukungan kepada peserta yang telah mewakili SMA Islam Az-Zahrah dalam ajang bergengsi tersebut. Sebagai penutup, Kepala SMA Islam Az-Zahrah memberikan motivasi agar peserta dapat berkompetisi secara jujur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *